Akuisisi PT Data Aksara Sangkuriang oleh PT Bosowa Kapital

Sejak didirikan 4 tahun yang lalu, PT Data Aksara Sangkuriang (Daksa) fokus dalam mengembangkan sistem dan aplikasi untuk dunia perbankan. Beberapa produk unggulan Daksa antara lain Virtual Account dan Inter-Bank Switching. Dan salah satu client terpenting Daksa adalah Qatar National Bank Kesawan (QNBK).

Daksa melihat peluang sistem perbankan kedepannya sangatlah cerah khususnya di Indonesia. Mengigat hampir seluruh sistem perbankan di Indonesia saat ini adalah produk asing, padahal kita bangsa Indonesia sudah mampu untuk membuat sendiri. Untuk mencapai cita-cita tersebut Daksa dihadapkan perlunya bantuan pihak ketiga, khususnya bantuan pendanaan agar Daksa bisa berlari kencang mengejar mimpi tersebut.

Sejak awal 2014, manajemen Daksa berkomunikasi aktif dengan Bosowa Group melalui Bosowa Kapital (BK). Bosowa Group sendiri sedang gencar-gencarnya mengembangkan berbagai lini bisnisnya. Dan di dalam Bosowa Group sendiri terdapat beberapa anak perusahaan yang bergerak dibidang keuangan dan perbankan. Sehingga ber-afiliasi dengan Bosowa Group merupakan langkah yang manajemen Daksa rasa sangat tepat.

Model akuisisi yang dilakukan adalah pengambilan saham dari penerbitan saham baru. Total saham yang diterbitkan senilai 20,9 miliar rupiah. BK mengambil bagian 15 miliar sehingga menjadi pemegang saham mayoritas, dan PT Data Aksara Matra (DAM) – pemegang saham lama – mengambil bagian 5,9 miliar, sedangkan Sangkuriang Internasional tidak mengambil bagian. Namun dengan mekanisme lain, Sangkuriang Internasional (SI) akan mendapatkan saham sebesar 10% dari bagian DAM. Sehingga komposisi pemegang saham nantinya adalah: BK (70%), DAM (20%), SI (10%). Dana yang berhasil dihimpun tersebut sebagian besar direncanakan untuk membeli (mengambil-alih) sebuah bisnis Virtual Account yang sudah berjalan dari pihak ketiga dan sisanya direncanakan untuk me-restrukturisasi hutang Daksa.

Ringkasan Rancangan Akuisisi diumumkan melakui Kontan 26 Juli 2014

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Daksa selama ini, khususnya kepada E&Y (Finance Audit Consulting) dan Melli Darsa Co (Law Consulting) yang membantu dalam proses akuisisi ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Saat ini kami sedang menunggu jeda waktu masa sanggah dari pihak ketiga atas rencana akuisisi ini. Jika tidak ada sanggahan, insyaAllah awal September Daksa telah mendapatkan pemegang saham yang baru. Diharapkan dengan adanya akuisisi ini Daksa dapat lebih cepat dalam mencapai visi-misi yang diharapkannya. Aamiin.

Sumber: http://sangkuriang.co.id/akuisisi-pt-data-aksara-sangkuriang/