jasa keuangan

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi membuat kebutuhan masyarakat akan jasa keuangan semakin tinggi. Bosowa melihat potensi pasar di sektor jasa keuangan yang sejalan dengan kebutuhan pertumbuhan jaringan usaha Bosowa. Bosowa Jasa Keuangan hadir untuk memberikan layanan yang menyeluruh untuk menyediakan dukungan finansial dan memperkuat kegiatan penjualan rantai usaha bisnis lainnya. Bosowa Jasa Keuangan merupakan kelompok perusahaan keuangan dengan portofolio produk terintegrasi yang memberikan solusi finansial. Bosowa Jasa Keuangan terdiri dari empat bidang usaha utama yaitu perbankan, asuransi, multifinance (pembiayaan) dan sekuritas. Bidang usaha perbankan Bosowa meliputi Bank Bukopin dan Bank QNB Indonesia dan Bosowa merupakan pemegang saham mayoritas dan pengendali di Bank Bukopin.

bank bukopin

Bank Bukopin berdiri pada 10 Juli 1970. Bank Bukopin tercatat sebagai salah satu saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2015, Bosowa resmi menjadi pemegang saham pengendali untuk Bank Bukopin. Bank Bukopin merupakan bank menengah atas dengan pengalaman lebih dari empat dasawarsa dalam segmen Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) dan segmen Mikro. Saat ini Bank Bukopin memiliki empat pilar bisnis utama yaitu Bisnis Mikro, Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK), Bisnis Konsumer dan Komersial. Untuk mencapai visi menjadi perusahaan yang terkemuka dalam pelayanan jasa keuangan yang terintegrasi, Bank Bukopin terus melakukan penajaman pada fungsi setiap divisi agar lebih fokus dalam melakukan pengembangan usaha dan memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Di samping itu juga menyempurnakan proses internal dengan meningkatkan kapasitas dari sumber daya manusia serta infrastruktur teknologi informasi.

bank QNB Indonesia

Bosowa bermitra dengan salah satu bank terkuat di dunia, Qatar National Bank (QNB) sebagai pemegang saham terbesar kedua Bank QNB Indonesia (semula bernama Bank Kesawan kemudian Bank QNB Kesawan). QNB Indonesia juga merupakan bank devisa dan bank persepsi (bank yang dapat menerima pajak). Bank Kesawan sendiri telah berdiri sejak 1913 dan tercatat di Bursa Efek sejak 2002.

Melalui pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan, Bank QNB Indonesia memantapkan reputasi dan kiprahnya sebagai bagian dari salah satu bank terkuat dunia dengan menghadirkan produk-produk perbankan yang bermanfaat dan inovatif. Untuk mencapai pertumbuhan yang akseleratif, Bank QNB Indonesia merumuskan serangkaian nilai yang menjadi landasan prinsip untuk mencapai tingkat kualitas layanan perbankan optimum di Indonesia. Bank ini juga secara konsisten menjalankan langkah-langkah strategisnya dangan mengimplementasikan nilai serta karakter perusahaan sebagai salah satu pedoman dalam mencapai visinya, yaitu menjadi bank papan atas dalam hal kinerja keuangan di Indonesia.

Asuransi

Usaha asuransi Bosowa bergerak dalam bidang asuransi umum (kerugian) dan kesehatan. Produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Bosowa adalah asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan, asuransi bangunan, risiko kontraktor, dan lain-lain. Asuransi Bosowa telah didukung oleh kantor cabang, perwakilan, dan unit pemasaran untuk menjangkau dan melayani masyarakat di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Asuransi Bosowa dikategorikan sehat dalam kelompok usaha asuransi dan dianggap sangat kompetitif dalam kategori usahanya.

Multifinance

Segmen usaha ini bergerak dalam bidang pembiayaan kendaraan penumpang, kendaraan komersil, dan mobil bekas. Dengan didukung pasar yang captive dari Bosowa Berlian Motor, Bosowa Multifinance mempunyai pangsa pasar yang besar dalam pembiayaan produk Mitsubishi. Selain itu, Bosowa Multifinance juga bekerja sama dengan berbagai dealer kendaraan merek lain.

Sekuritas

Bosowa Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas anggota Bursa Efek Indonesia yang menyediakan layanan perantara pedagang efek (brokerage) dan penjamin pelaksana emisi efek (underwriting).