Pengumuman: Waspada Iklan Lowongan Kerja Palsu

Sehubungan dengan beredarnya iklan lowongan kerja palsu, kami berharap masyarakat untuk waspada terhadap iklan lowongan kerja yang beredar melalui media sosial dan pesan instan (Whatsapp dan Line) via message blast.

Ciri-ciri dari iklan lowongan kerja palsu antara lain menawarkan gaji yang cukup tinggi dan fasilitas yang menggiurkan tanpa mencantumkan posisi atau bidang pekerjaan secara mendetail. Adapun nomor telepon, alamat dan surat elektronik yang dicantumkan adalah fiktif dan tidak jelas. Hal ini berujung kepada permintaan transfer dana dalam jumlah tertentu.

Untuk itu jika menerima informasi mengenai lowongan pekerjaan, masyarakat diharapkan melakukan hal-hal sebagai berikut ini sebelum mengirimkan CV, yaitu:

(a) Mencari Nama Perusahaan. Carilah nama perusahaan terutama di internet yang mana jika perusahan tersebut adalah perusahaan resmi mempunyai situs web asli bukan dalam bentuk blog. Lowongan pekerjaan akan dicantumkan di web resmi tersebut.

(b) Kontak Langsung. Jika tercantum nomor kontak perusahaan, Anda bisa menghubungi nomor kontak tersebut untuk memastikan keberadaan perusahaan. Jika dikontak 1 kali masih belum tersambung, Anda bisa mengontak kembali hingga 3 kali dalam waktu yang berbeda. 

(c) Hindari Transaksi Uang. Perusahaan resmi sangat jarang atau tidak pernah memungut biaya dalam perekrutan karyawan. 

(d) Periksa Lebih Lanjut. Jika iklan lowongan pekerjaan tercantum di harian Kompas dan terkesan mencurigakan, sebaiknya menghubungi bagian Iklan Harian Kompas. Tanyakan atau kemukakan informasi tentang iklan lowongan pekerjaan yang mencurigakan agar bisa segera ditindaklanjuti.